Selasa, 18 Oktober 2011

Macam-macam Jenis Pensil

Teman-teman Blogger Post kali ini seputar hobi teman-teman yah hanya yang sederhana, khususnya untukteman yang hobi menggambar dan melukis. Semoga Bermanfaat yah. Pensil awal mulanya terbuat dari grafit murni tetapi bahan grafit rapuh dan terlalu lembut sehingga kotor saat di pegang atau terkena tangan. Seperti pensil model lama yang biasanya kotor ke kertas bila tergesek tangan. Oleh karena itu dibuat pensil grafit dengan campuran tanah liat agar lebih keras dan tida rapuh. itulah pensil yang biasa kita gunakan sekarang. 
Pensil biasanya digunakan untuk mengarsir, membuat pola gambar (garis-garis,lingkaran dan lain-lain), Pensil tersedia dari berbagai macam mulai dari 2B (lembut) , F, HB, 9H (paling sulit) d masih banyak lagi. H memiliki tanah liat yang lebih dan lebih ringan daripada B. Angka yang berada di depan huruf H menunjukan tingkat kekerasan pensil sehingga semakin besar angka semakin keras pensilnya. Sebaliknya dengan B semakin besar angkanya pensil semakin lembut sehingga pensil lebih tebal.
Lunak
Sedang
Keras
2B
B
4H
3B
HB
5H
4B
F
6H
5B
H
7H
6B
2H
8H
7B
3H
9H
Keterangan :

H  : Hard (keras)
B  : Black (hitam)
HB : Half Black (setengah hitam)
F  : Firm (kokoh)

3 komentar:

  1. Hufs,... Keren Ni artikelnya, jadi tau macem2 jenis pencil :)

    BalasHapus
  2. hehe... saya cuma tau pensil 2B, karena harus pake pas UAN n SPMB :D

    BalasHapus
  3. haha.. thank's udah komentar maaf baru di bales.. awalnya juga sama tapi setelah nyoba" gambar dan nyari tau ternyata banyak banget jenisnya ... :D

    BalasHapus