Jumat, 07 Oktober 2011

Kopi Terbaik dan Termahal Dari Indonesia

Temen Blogger posting yang satu ini seputar Indonesia jelasnya tentang kopi. Semoga menarik walaupun sudah beberapa orang tahu yah. Hmm Kopi adalah salah satu minuman terfavorit di dunia. Apalagi dikalangan para bangsawan yang biasannya meikmati kopi yang paling mahal sekaligus terbaik di dunia yang memang menjadi tradisi para bangsawan. Mereka pun menikmati kopi termahal bukan hanya dengan cangkir sederhana namun dengan cawan personalized, mungkin itu melambangkan simbol kekayaan bagi mereka. Tapi tahu ga Ternyata kopi terbaik di dunia berasal dari Indonesia dan sekaligus kopi yang termahal di dunia. Nama jelas kopi Indonesia itu Kopi Luwak.



Sejarah kopi luwak sangat erat dengan perkembangaan kopi di Indonesia. Dimulai dari abab ke 18 ketika Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya di Hindia Belanda. Terutama di Jawa dan Sumatra. Salah satu bibitnya adalah bibit Arabika dari Yaman. Saat itu pekerja perkebunan itu menemukan seekor musang yang sering memakan buah kopi, namun hanya kulit ari dan bijinya yang tersisa. Lalu biji bekas musang luwak tersebut dipunguti, dicuci, disangrai, di tumbuk dan akhirnya diseduh dengan air panas jadilah kopi luwak. Kabar tentang kenikmatan kopi luwak ini terdengar hingga warga Belanda pemilik kebun. sejak itu pun kopi luwak menjadi kegemaran orang kaya Belanda, dan mulai di kenal oleh warga dunia tentang kenikmatanya.

Itulah awal mula kopi luwak yang sangat terkenal dengan kenikmatan di dunia sampei bisa dikenal dan menjadi kopi termahal. Kopi ini menjadi kopi termahal sejak zaman kolonial karna kelangkaan dan prosesnya yang tidak lazim. Dan juga perlahanpun berhasil menyingkirkan negara pengekspor lain seperti Belanda, Puerti Rico dll, yang menjadi kebanggaan indonesia. Itu lah post tentang kopi luwak yang terbaik dan termahal. Semoga teman-teman tertarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar