Kamis, 15 Desember 2011

Makna dan Mitos Perkembangan logo Apple

Teman-teman Blogger tau kan dengan lambang perusahaan besar Apple. ternyata sebelum menjadi lambang yang sekarang ini Apple mengalami beberapa perubahan hingga menjadi logo yang sekarang ini, bukan hanya itu ada beberapa mitos yang disebut-sebut dari lambang tersebut. nah ini lah lambang-lambang Apple yang sempat digunakan :

Logo Apple Pertama

1 April 1976 adalah terciptanya logo pertama perusahaan Apple yang didesain oleh Ron Wayne, yang juga merupakan pendiri Apple. Logo Apple yang pertama muncul memang terlihat agak rumit. Logo itu menggambarkan Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon dan di saat itu terdapat apel di pohon tersebut. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa gambar Isaac Newton yang digunakan saat itu, semua itu karena lambang tersebut untuk mengingatkan penemuan Isaac Newton tentang prinsip gravitasi. Logo Apple saat itu juga diharapkan dapat menjadikan perusahaan Apple seperti Isaac Newton yang tidak berhenti menemukan dan melakukan perubahan baru untuk dunia. namun Steve Jobs berpikir bahwa logo itu sedikit terlalu intelektual dan terlalu detail, yang membuat logo itu sulit di ingat orang-orang.

Logo Apple 1977

Oleh karena itu, Tahun 1977 Rob Janoff mendesain ulang logo Apple. Desain logonya sangat simple terdiri dari sebuah apel yang sedikit tergigit dan di isi dengan warna pelangi. Meskipun susunan warnanya keliru. Namun perlahan ada mitos yang beredar dari lambang tersebut. 
Alan turing ditemukan meninggal dengan kandungan racun sianida tinggi dalam tubuhnya. Saat meninggal itu, ditemukan pula sebuah apel yang tidak lagi utuh di samping jasadnya. inilah mulannya mitos tersebut, mitos yang disebut-sebut adalah bahwa lambang itu merupakan dukungan untuk komunitas gay yaitu Alan turing yang bunuh diri karena bunuh diri dan buah yang tak utuh disebut sebagai ide dasar lambang Apple. Bukan hanya itu mitos tersebut juga muncul karena karena 6 warna pelangi pada logo Apple original hampir sama dengan bendera komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender).


Tapi dari semua mitos itu Rob Janoff, sang desainer logo Apple, ternyata memupus semua pendapat di atas dengan penjelasannya:ini lah ucapannya saat di interview.
“Tidak ada makna tersembunyi dari 6 warna itu. Itu mewakili kemampuan komputer Apple untuk menampilkan warna. Warna hijau saya letakkan di bagian atas untuk memadukan dengan warna daun yang juga hijau. Dan kenapa apel itu dalam keadaan tidak utuh/tergigit? Wajar saja karena semua orang suka menggigit apel.”

bukan hanya itu Apple juga memaparkan makna-makna Logo itu, yang semakin menperjelas makna logo Apple. yaitu :


  • Gigitan atau “the bite” melambangkan pengetahuan dari buah pengetahuan di Taman Eden. Selain itu juga merupakan kesamaan suara dengan “byte”.


  • Warna-warni melambangkan kemampuan komputer Apple II yang dapat menampilkan warna lebih banyak.


  • Pemilihan warnanya melambangkan vibrasi & energi. Kesalahan urutan warna dalam logo baru itu bukanlah sesuatu tidak disengaja melainkan lambang “keluar dari aturan baku” atau dengan kata lain kebebasan dan keberanian perusahaan dalam merevolusi teknologi.

    Seorang eksekutif dari Apple, Jean Louis Gassee dengan bangganya bilang, “You couldn’t dream of a more appropriate logo: lust, knowledge, hope and anarchy”.


  • Logo Apple 1997

    Tahun 1997 saat Steve Jobs kembali lagi ke perusahaan Apple saat itu pula perusahaan tersebut mengalami kemunduran. Steve Jobs melakukan perubahan yaitu memutuskan mengubah logo Apple yang di sadari dapat membuat kembalinya survive. perubahan pada logo tersebut adalah warna-warninya lambang di ubah menjadi 1 warna solid, yang dilakukannya agar lebih minimalis dan mengikuti perkembangan jaman. Dan jadilah logo Apple seperti yang kita kenal sekarang ini.
    itulah teman beberapa makna dan mitos dari perkembangan logo perusahaan besar Apple. semoga post ini dapat berguna untuk teman-teman Blogger.

    3 komentar:

    1. info menarik sob. silahkan cek dibawah. link anda pun dah terpasang :)

      BalasHapus
    2. wah info yang menarik sobat, thanks dah shere ,menarik

      BalasHapus
    3. Info yang menarik sob... walaupun saya bukan pengguna Appel,,,setidaknya bisa menambah pengetahuan bat saya... eh iy, saya ad hadiah bat sobat silahkan di cek......plus eksekusi di (http://ande089.blogspot.com/2012/01/award-ke-2.html)

      BalasHapus